Sejarah SKM HMP FT-UH

Satauan Konservasi Maritim Himpunan mahasiswa Perkapalan Fakultas Teknik Universitas hasanuddin (SKM HMP FT-UH) di deklarisikan pada tanggal 22 september 2003 di puncak Gunung Bawakaraeng Gowa Sulsel. Dideklarikan sebanyak 17 mahasiswa perkapalan dari beberapa lintas program studi. Diantaranya di Prakarsai oleh Saudara Shalehin (Kanda Ale) Perkapalan-kelauatan 99, Sauadara Alan Nurdiansyah (Kanda Alan)Kapal d3 01, Saudara Syamsu Alam (Kanda Ancu) Kapal 01, dll.
Jalur deklarasi melewati jalur lintas Lompobattang-Bawakaraeng yang menempuh 4 hari perjalanan, mengambil entry Point di kabupaten Sinjai. Di Leaderi Oleh saudara rimba salah satu anggota KORPALA UNHAS yang dipanggil khusus guna menemani kawan-kawan pendiri dalam perjalanan tersebut.Tujuan pendirian Satuan Konservasi Maritim adalah sebagai wadah bagi mahasiswa perkapalan unhas dalam hal  eksplorasi lingkungan maritim dan sosial kemasyarakatan. Satuan konservasi Maritim merupakan unit kerja dari Himpunan Mahasiswa Perkapalan FT-UH.

Gambar: Deklarator (pos 10 Bawakaraeng) 

Semboyan yang di tanam dalam nurani kawan-kawan pendiri adalah Demi Loyalitas dan Kehormatan. Yang diartikan sbb:
1. Sebagai Motto/prinsip hidup dimasa depan untuk pribadi masing-masing anggota.
2. Motto ini juga menjadi roh dalam menjalani hidup yang semakin munafik
Moto tersebut berasal dari dua kata yakni Loyalitas dan Kehormatan namun 2 kata tersebut tidak dalam artian terpisah namun menjadi satu-kesatuan.
Diperjalan awal SKM dipimpin oleh saudara Alan Nurdiansyah, dinamika lembaga mulai mengalir seiring perjalanan waktu. Saudara Alan Nurdiansyah sebagai Pendiri sekaligus ketua pertama telah membawa SKM dalam kurun waktu 1 Tahun. Dalam kepengurusannya SKM berhasil melaksanakan beberapa kegiatan antara lain :
1. Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama masyarakat Pesisir di tempatkan di Kec. Suppa Kabupaten Pinrang
2. Lintas Pesisir (Susur pantai) Takalar-makassar yang di ikuti oleh 5 anggota dari SKM.


Senin, 22 Agustus 2011 di 11.21

0 Comments to "Sejarah SKM HMP FT-UH"

Posting Komentar